Senin, 20 Oktober 2014

Terkini (Analisa) Match Preview - Persipura V Arema

Siang nanti waktu Indonesia Barat, Arema bakal menghadapi tuan rumah Persipura dalam lanjutan babak delapan besar Indonesia Super League 2014. Posisi klasemen sementara menandakan bahwa anak asuh Jacksen FT masih dibawah klub pujian Arek Malang ini, selisih 4 poin menjadi pembeda yang mencolok.

Samsul Arif kondisi fisik 50:50 (foto : Arema FC)
Sampai match preview ini kami buat, kondisi kesehatan Juan Revi dan Samsul Arif belum lah 100% fit sehabis berjibaku di berkelahi terakhir melawan Persipura di Stadion Kanjuruhan dengan skor yanmg berkesudahan 3-0 untuk Arema. Bustomi yang turun hingga menit 60 juga harus menepi dan tidak dibawa dalam tur Papua kali ini.

Dengan kondisi ibarat ini, pastinya Suharno dan Joko Susilo bakal memutar otak lebih keras guna menyiasati ketidak hadiran dan belum fit nya pemain andalan Arema khususnya pemain tengah. Memainkan gelandang dengan bertipikal pekerja yakni solusi yang terbaik dari beling mata kami, hal ini lebih sebab untuk menjaga kedalaman permainan Arema.

Arema tak harus bermain defensif, namun bisa dengan cara meminkan bola jauh lebih cepat dengan diakhir dengan umpan diagonal. Kondisi ibarat ini besar kemungkinan bakal menguntungkan Arema, dimana Persipura memiliki barisan pertahanan yang lemah dalam antispasi bola diagonal dan serangan balik. Disini tugas pemain dengan akurasi passing baik macam Hendro Sis, Sukadana dan Gustavo menjadi hal yang penting dengan ditopang kemampuan speed dan dribble yang dimiliki barisan lini depan Arema ibarat Beto, Samsul, Dendi, Irsyad dan The Joker Sunarto.

Dari pihak tuan rumah, Persipura pastinya bakal berjuang mati matian untuk mendapat kemenangan guna menjaga kans lolos ke babak semifinal. Kelemahan mereka di putaran pertama dikala di jamu Arema yakni di lini tengah nampaknya bakal disiasati Jacksen FT dengan menampilkan sosok korean, Lim Jun Sik.

Sedangkan di barisan tukang gedor, mereka nampaknya bakal menurunkan Tibo lebih awal, dengan demikian, deretan yang di usung oleh Boaz cs yakni 4-3-3, teladan yang menjadi pakem Persipura selama ini. Mereka bakal andalkan kemampuan penyerang sayap mereka maupun full back untuk menekan Arema.

Sejauh ini, full back Persipura yang diisi Ruben Sanadi dan Yustinus Pae menjadi pemain yang masuk dalam jajaran pemberi assist terbanyak di Persipura. Ini yang harus diwaspadai oleh barisan pertahanan Arema, dimana Gathuesi dkk dituntut untuk tidak gegabah maju membantu penyerangan.

Ketergantungan Persipura akan sosok Boaz terlihat dari catatan statistik yang menandakan bahwa kapten Persipura ini bangun kokoh sebagai top skore maupun top assist bagi tim Mutiara Hitam. Namun bukan berarti Arema bakal jaga ketat pemain ini, namun harus meragukan penuh pergerakan keseluruhan pemain Persipura yang dikenal cair dalam mengalirkan bola dari kaki ke kaki.

Laga ini bakal menjadi pertandingan seru, memasuki putaran kedua babak delapan besar pastinya setiap tim bakalan tak mau kehilangan poin baik sangkar maupun tandang. Semoga Arema bisa pertahankan ritme yang ditunjukan dikala menjamu Persipura beberapa waktu kemudian dan membawa poin dari ranah Papua untuk amankan puncak klasemen sekaligus menambah modal kepercayaan diri guna menyongsong match berikutnya.