Kamis, 13 September 2012

Terkini Tips Menonton Pertandingan Arema Dengan Cara Legal

Melihat dari sekian ribu Aremania yang biasa aktif mendukung kesebelasan Arema di stadion terdapat aneka macam macam motif untuk tiba dan meramaikan stadion. Ada yang tiba hanya sekedar menyaksikan bintang pujaannya, rekreasi dengan menonton jalannya pertandingan atau memang sedari awal sudah fanatik dengan klub yang bangun pada 11 Agustus 1987 tersebut.

Para suporter yang tiba ke stadion berasal dari aneka macam tempat dengan tingkat ekonomi yang berbeda pula. Ada suporter yang leluasa tiba kapan saja ke stadion tanpa terhambat oleh halangan aktifitas dan kondisi sosial ekonominya, namun ada pula suporter yang tidak leluasa tiba ke stadion alasannya ialah terhambat oleh aktifitas dan kondisi ekonomi yang kurang mendukung.

Melihat dari sekian ribu Aremania yang biasa aktif mendukung kesebelasan Arema di stadion  Terkini Tips Menonton Pertandingan Arema Dengan Cara Legal

Khusus yang terakhir ini memang dirasa sangat menyesakkan saat hasrat untuk menonton pertandingan sudah diubun-ubun harus tertunda alasannya ialah tiada dana. Bagi mereka yang bermodal nekat(baca : bondo nekat) prinsip tiada rotan akarpun jadi sanggup menjadi sarana utama untuk tiba ke stadion. Dengan cara mberowot(baca : menerobos antrian di pintu masuk) atau memanjat dinding stadion mereka sanggup memuaskan hasrat untuk mendukung tim kesayangannya. Perkara jalur yang ditempuh ialah ilegal dan melanggar norma yang ditetapkan sanggup jadi kerap diacuhkan meski hal tersebut berpotensi merugikan klub yang didukungnya.

Namun ada cara legal nan membawa manfaat bagi Aremania yang tanpa modal ataupun minim ingin selalu aktif tiba ke stadion tanpa khawatir harus melaksanakan tindakan yang berujung pada kerugian klub. Misalnya mencoba berbisnis kecil-kecilan yang selisih manfaatnya sanggup dijadikan sebagai modal untuk menonton setiap pertandingan Arema. Apa saja yang sanggup dilakukan Aremania nantinya ?

1. Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman merupakan hal yang biasa disajikan atau diperdagangkan didalam ataupun diluar stadion. Ada aneka macam macam bentuk purwarupa masakan dan minuman yang disajikan baik masakan ringan, cemilan atau masakan pokok berkarbohidrat untuk bekal makan siang ataupun malam.

Kebetulan di Stadion Kanjuruhan ataupun Stadion Gajayana pedagang masakan dan minuman masih diperbolehkan berjualan baik didalam dan diluar stadion sepanjang mentaati peraturan yang berlaku. Ada baiknya sebelum berjualan masakan dan minuman Anda memperhatikan beberapa hal yang sekiranya membantu untuk memperlaris dagangan Anda diantaranya:
- Cuaca. Jangan berjualan makanan/minuman hirau taacuh saat cuaca sedang hujan, dsb
- Okupansi Penonton. Semakin ramai kondisi stadion, semakin besar peluang dagangan untuk laku
- Pahami kebutuhan. Kala cuaca panas, berdagang minuman ialah salah satu solusi tepat
- Jangan berjualan masakan yang rentan akan cepat basi
- Giatlah berjualan selama sebelum atau selama jeda pertandingan. Hindari berjualan keliling saat sudah masuk waktu pertandingan.

Di Stadion Kanjuruhan maupun Gajayana, biasanya terdapat puluhan pedagang yang berjualan di dalam maupun luar stadion. Jika Anda pedagang masakan yang membawa gerobak dagangan maka wilayah jualan Anda berada diluar stadion, terkecuali jikalau Anda mau repot-repot membawa sebagian barang dagangan Anda masuk ke dalam stadion dan memastikan gerobak dagangan beserta sebagian isinya masih kondusif untuk ditempatkan diluar. Sangat mustahil membawa gerobak dagangan masuk kedalam stadion bukan?

Diluar itu Anda sanggup membawa barang dagangan sembari menonton pertandingan Arema selama Anda masih sanggup menjaga tata tertib dan hukum yang berlaku.

2. Perlengkapan Suporter
Kebutuhan suporter tatkala tiba ke stadion beraneka ragam. Didalam atau diluar stadion mereka membutuhkan beberapa hal dasar untuk melengkapi hasratnya menonton pertandingan. Sama halnya dengan Aremania, selain masakan dan minuman Anda sanggup juga membawa produk dagangan lain yang dibutuhkan oleh suporter. Misalnya perlengkapan kecil suporter menyerupai terompet plastik, bendera plastik kecil, bundel yang berisi gulungan dan lembaran kertas confetti, dll.

Beberapa perlengkapan tersebut sanggup masuk ke dalam stadion sepanjang tidak terdapat/menggunakan komposisi materi yang berbahaya dan dihentikan masuk ke stadion. Misalnya tidak mengisi gulungan confetti dengan kerikil, kerikil dan semacamnya yang sanggup melukai penonton atau pemain dilapangan dan sebagainya.

Jika Anda ingin berjualan di stadion hindari berjualan produk yang mempunyai volume besar dan berharga mahal(kata mahal disini sanggup berarti subyektif, namun kata mahal disini saya gunakan sebagai pengganti variabel harga yang sekiranya mempunyai nilai diatas rata-rata uang cash yang biasa dibawa suporter ke stadion) menyerupai bass drum, dan semacamnya. Selain repot bagi Anda yang ingin membawanya dalam jumlah banyak kedalam stadion, juga masih belum terlalu banyaknya suporter yang tiba ke stadion dengan membawa uang senilai atau lebih dari nilai produk yang ditawarkan tersebut.

3. Jasa
Selain menjual produk riil, bagi Anda yang kurang mempunyai modal sanggup juga memperoleh sedikit laba yang sanggup Anda gunakan untuk membeli tiket pertandingan-pertandingan Arema selanjutnya. Caranya, tawarkan jasa Anda kepada yang membutuhkan!

Jika Anda mempunyai skill memijat, Anda sanggup membuka lapak kecil diluar stadion khusus bagi para suporter yang mempunyai duduk kasus dalam kebugaran. Biasanya dialami oleh para suporter yang menempuh perjalanan jauh untuk tiba ke Stadion Kanjuruhan. 2000 atau 10000 rupiah perorang tak mengapa, namun jikalau Anda sanggup memperoleh pasien dalam jumlah banyak tak terbayang berapa laba yang didapat. Modalnya pun kecil, keahlian memijat dipadu dengan beberapa perlengkapan sederhana menyerupai minyak kelapa, dll.

Beragam jasa lainnya sanggup Anda coba kepada calon penonton lain. Misalnya bagi yang mempunyai tempat tinggal di akrab stadion sanggup menyewakan sebagian ruang atau halaman rumahnya untuk tempat parkir penonton. Tarif yang dibebankan biasanya sekitar 2000-3000rupiah per motor. Anda sanggup berafiliasi dengan teman/kerabat lainnya jikalau merasa kerepotan untuk bekerja sendiri atau tidak mempunyai calon lahan parkir sementara sobat dan kerabat Anda memilikinya.

Dari sekian jenis jasa yang sanggup Anda tawarkan, saya sendiri tidak merekomendasikan kepada Anda untuk membuka jasa peramal yang khusus ini. Misalnya, ramalan skor pertandingan, ramalan bola yang keluar(out, dsb) untuk dipakai sebagai sarana berjudi. Tak terkecuali jikalau Anda ingin menjadi bandarnya. Ada sekian ratus personel keamanan dalam setiap pertandingan Arema, lebih baik carilah jenis jasa lain yang sanggup Anda tawarkan kepada calon penonton tanpa melanggar hukum yang berlaku.

***

Saya yakin masih banyak lagi referensi wiraswasta yang sanggup dipakai Aremania sebagai sarana menonton pertandingan Arema. Khususnya bagi mereka yang tanpa modal/bermodal minim dan ingin menonton Arema secara legal dengan cara membeli tiket pertandingan.

Jika dulu semasa kecil Anda yang berkantong tipis(atau malah tiada dana sama sekali) sanggup 'menggunakan' belas kasih penonton yang bertiket dengan cara nunut(baca : menumpang masuk ke stadion), sekarang bagi Anda yang sudah pintar balig cukup akal cara yang demikian sangat mustahil untuk dipakai lagi. Salah-salah Anda sendiri yang terusir oleh petugas portir stadion sebelum sukses duduk di dingklik tribun.

Bagi Anda yang ingin berdagang diperlukan untuk mematuhi hukum berlaku, menyerupai tidak menjual minuman keras(memiliki kadar alkohol menyerupai yang disyaratkan oleh undang-undang), petasan dan sejenisnya ataupun menjual barang berbahaya yang sanggup melukai penonton/pemain(senjata tajam), dan sebagainya.

Nahhh, kira-kira apakah ada pendapat atau cara lain dari umak untuk mensiasati hasrat untuk menonton pertandingan Arema dengan modal minim atau tidak mempunyai modal sama sekali secara legal ?
(sumber:memoar anak negeri)