Rabu, 25 Desember 2013

Terkini Analisa Dan Statistik Arema V Persebaya

Data Statistik Arema v Persebaya/ Piala Gubernur

Laga panas Final Piala Gubernur tersaji di kawasan yang tidak layak. Protes dari kubu Persebaya membuat tabrak dimainkan di kawasan "netral" dan tanpa penonton. Starting eleven Arema perubahan hanya terjadi di lini tengah dengan dimainkannya Juan Revi menggantikan I Gede Sukadana.

Permainan eksklusif tersaji dengan tempo tinggi, bahkan di menit menit awal Ahmad Bustomi sudah harus mengerang kesakitan alasannya terjangan pemain lawan. Lini tengah Arema tampak menguasai pertandingan dengan dikomandani oleh Gustavo Lopez sebagai dirijen di lapangan tengah. Buruknya kondisi lapangan membuat Arema menentukan banyak melaksanakan long pass eksklusif ke depan alasannya permainan umpan pendek tidak terlalu efektif jawaban bola menjadi liar di lapangan yang tidak rata. Terlihat dari jumlah passing pemain pemain arema menurun kalau dibanding tabrak laga sebelumnya. Setelah 2 peluang gagal dimanfaatkan alhasil serangan arema bisa menuai  hasil sehabis kecermatan Beto dalam mengirim assist bisa diselesaikan dengan baik oleh kerja tendangan keras Samsul Arif. Gol ini sebagai catatan khusus Samsul Arif di Final Piala Gubernur dimana beliau selalu mencetak Goal dalam 2 final terakhir. Beto dalam beberapa pertandingan terakhir tampak mempunyai kiprah gres sebagai pencipta situasi berbahaya di depan terbukti dengan 3 assist yang sudah dibukukan dalam gelaran Piala Gubernur ini. Faktor lapangan membuat bacokan tusukan dari sayap terlihat tidak terlalu efektif. Meskipun agresifitas Beni Wahyudi dan Alfarizi tidak segarang di tabrak sebelumnya tetapi  tetap saja serangan dari kedua sayap mengalir deras. Sayangnya akurasi crossing dari sayap sangat jelek tercatat hanya  1 crossing yang menemui target di babak pertama dari 7 kali percobaan. Kelugasan Juan Revi mengawal lini tengah membuat lini tengah Persebaya keder dan kocar kacir sehingga memudahkan kiprah lini belakang arema yang dikawal duet Igbonefo dan Purwaka mengapit kiper Kadek Wardana.

Babak kedua intensitas permainan sedikit turun sepertinya agenda yang padat menghipnotis permainan kedua tim. Gustavo Lopez sudah terlihat kepayahan di lini tengah sehingga sedikit mengurangi  agresivitas Arema. Menit 53 irsyad Maulana masuk menggantikan Samsul Arif yang tampak kesultan melaksanakan penetrasi alasannya lapangan yang jelek dan juga mungkin menawarkan kesempatan yang lebih kepada Irsyad untuk mencicipi atmosfer tabrak keras ini. Cristian Gonzales sepanjang turnamen ini patut diacungi jempol selain mencetak Goal, beliau mempunyai kiprah sentral sebagai pemantul bola di depan reputasinya sebagai striker berbahaya membuat beliau selalu ditempel ketat bek-bek lawan. Selain itu meski mudah tidak terlalu kencang larinya beliau seringkali melewati bek lawan dan membuat situasi yang berbahaya. Tempo permainan yang menurun dan lapangan yang jelek membuat kedua tim gagal menambah keunggulan di babak kedua. Long ball yang dilepaskan dari belakang juga tidak terlalu akurat dan selalu kandas di barisan belakang Persebaya. Gustavo yang menurun penampilannya di babak kedua bisa ditutupi oleh Bustomi yang bermain dengan rapi patut diacungi jempol yakni penampilan istimewa dari Juan Revi di lini tengah mengakibatkan perebutan posisi di lini ini sangat seru animo depan. Skor 1-0 untuk kemenangan Arema sangat pantas dengan peluang yang mereka ciptakan serta permainan yang mereka tunjukkan. Trofi ini yakni awal perjalanan panjang untuk meraih sukses di tiga kompetisi animo depan.



Catatan : 
Arema mempunyai lini tengah posisi gelandang  bertahan cukup melimpah yaitu Hendro Siswanto, I Gede Sukadana dan Juan Revi. Memasukan Juan Revi di starting eleven ketika Arema melawan Persebaya yakni pilihan sempurna dimana huruf malangan keras dan lugas beliau punya.  Alhasil lini serang Persebaya harus sering putus di kaki eks kapten PSS Sleman animo kemudian ini. Pilihan sempurna coach Suharno. (RAW/BS)

Man of the match :Juan Revi bisa bermain keras dan lugas untuk potong serangan Persebaya sebelum masuk pertahanan Arema. @JR_77_ 90' ;Pass Acc 22/23 (96%), Head Acc 5/7 (71%), Intercept 7, Clearance 2, Foul 6, KK 1 . (RAW/BS)


Juan Revi (photo by Afholud/ edit BS)